Hubungan Kesehatan Jasmani dan Rohani


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Pengertian Sehat
Menurut para ahli:
Konsep sehat menurut Parkins (1938) adalah suatu keadaan seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan berbagai faktor yang berusaha mempengaruhinya.
Menurut White (1977)
Sehat adalah suatu keadaan di mana seseorang pada waktu diperiksa tidak mempunyai keluhan ataupun tidak terdapat tanda-tanda suatu penyakit dan kelainan.
Menurut Pepkin’s
Sehat adalah suatu keadaan keseimbangan yang dinamis antara bentuk tubuh dan fungsi yang dapat mengadakan penyesuaian, sehingga dapat mengatasi gangguan dari luar.
Berdasarkan definisi di atas, pengertian sehat adalah keseimbangan tubuh baik di dalam mapun di luar sehingga terjadi ketenangan dan kenyaman dalam menjalani hidup, baik suka maupun duka.
B.   Pengertian Kesehatan
Kesehatan menurut WHO
Pengertian Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948  menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”.
Pada tahun 1986, WHO, dalam Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan, mengatakan bahwa pengertian kesehatan adalah “sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup Kesehatan adalah konsep positif menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kemampuan fisik.
Kesehatan menurut UU no. 23 Tahun 1992
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.
Kesehatan menurut Larry Green dan para kolega
Definisi yang bahkan lebih sederhana diajukan oleh Larry Green dan para koleganya yang menulis bahwa pendidikan kesehatan adalah kombinasi pengalaman belajar yang dirancang untuk mempermudah adaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan.
Jadi, berdasarkan beberapa definisi diatas, Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.



BAB II
PEMBAHASAN
A.   Jenis Kesehatan
Kesehatan berdasarkan sifatnya dibagi atas 2 yaitu :
1.      Kesehatan Rohani
2.      Kesehatan Jasmani

B.   Penjelasan
1.      Kesehatan Rohani
1.1  Pengertian Kesehatan Rohani
Istilah "KESEHATAN MENTAL" di ambil dari konsep mental hygiene. Kata mental di ambil dari bahasa Yunani, pengertiannya sama dengan psyche dalam bahasa latin yang artinya psikis, jiwa atau kejiwaan. Jadi istilah mental hygiene dimaknakan sebagai kesehatan mental atau jiwa yang dinamis bukan statis karena menunjukkan adanya usaha peningkatan. (Notosoedirjo & Latipun,2001:21).
Menurut Dr. Jalaluddin dalam bukunya “Psikologi Agama” bahwa:
“Kesehatan mental merupakan suatu kondisi batin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan tentram, dan upaya untuk menemukan ketenangan batin dapat dilakukan antara lain melalui penyesuaian diri secara resignasi (penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan)”.
Sedangkan menurut paham ilmu kedokteran, kesehatan mental merupakan suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan selaras dengan keadaan orang lain.
Zakiah Daradjat mendefenisikan bahwa mental yang sehat adalah terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara individu dengan dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan keimanan dan ketakwaan serta bertujuan untuk mencapai hidup bermakna dan bahagia di dunia dan akhirat. Jika mental sehat dicapai, maka individu memiliki integrasi, penyesuaian dan identifikasi positif terhadap orang lain. Dalam hal ini, individu belajar menerima tanggung jawab, menjadi mandiri dan mencapai integrasi tingkah laku.
Dari beberapa defenisi yang telah dikemukakan di atas, maka dapat dipahami bahwa orang yang sehat mentalnya adalah terwujudnya keharmonisan dalam fungsi jiwa serta tercapainya kemampuan untuk menghadapi permasalahan sehari-hari, sehingga merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam dirinya. Seseorang dikatakan memiliki mental yang sehat, bila ia terhindar dari gejala penyakit jiwa dan memanfatkan potensi yang dimilikinya untuk menyelaraskan fungsi jiwa dalam dirinya.

1.2  Ciri-Ciri  Mental/ Rohani yang Sehat
Adapun cirri-ciri rohani yang sehat yaitu sebagai berikut:
1.      Terhindarnya orang dari gejala - gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala - gejala penyakit jiwa(psychose).
2.       Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana ia hidup.
3.      Pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin, sehingga membawa kepada kebahagian diri dan orang lain; serta terhindar dari gangguan - gangguan dan penyakit jiwa.
4.       Terwujudnya keharmonisan yang sungguh - sungguh antara fungsi - fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem - problem biasa yang terjadi, dan merasakan secara positif kebahagian dan kemampuan dirinya.
5.      Pikiran sehat tercermin dari cara berpikir atau jalan pikiran.
6.       Emosional sehat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya, misalnya takut, gembira, kuatir, sedih dan sebagainya.
7.      Spiritual sehat tercermin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur, pujian, kepercayaan dan sebagainya terhadap sesuatu di luar alam fana ini, yakni Tuhan Yang Maha Kuasa. Misalnya sehat spiritual dapat dilihat dari praktik keagamaan seseorang. Dengan perkataan lain, sehat spiritual adalah keadaan dimana seseorang menjalankan ibadah dan semua aturan-aturan agama yang dianutnya.


1.3  Faktor- factor Penyebab Gangguan mental
Adapun factor penyebab gangguang mental / rohani pada seseorang yaitu sebagai berikut:
1.      Krisis Ekonomi
Krisis ekonomi dalam keluarga/ diri sendiri dapat menyebabkan seseorang  mengalami stress, depresi, sehingga dapat mengakibatkan orang melakukan hal negative.
2.      Kekurangan fisik
Orang yang memiliki kekurangan fisik, bisa saja menjadi tidak percaya diri, takut, benci, bahkan sampai ingin mengakhiri hidupnya. Hal itu terjadi karena mereka selalu dicemoohkan, merasa tersisihkan, dan tidak terima/ tidak kuat menghadapi cobaan hidup.
3.      Mental yang Lemah
Orang yang memiliki mental yang lemah akan cepat stress (down) jika sedikit saja mendapat kesulitan. Ada 2 kemungkinan penyebabnya yaitu :
ü  Mental yang lemah karena bawaan sejak lahir
ü  Karena tidak/ belum terbiasa menjalani cobaan hidup yang berat.
4.      Tekanan Bathin
Tekanan bathin merupakan factor akhir yang selanjutnya akan menuju pada gangguan bathin. Seorang yang hidup layak, namun selalu mendapat tekanan, dapat memicu stress, rasa takut, benci dan perasaan  tidak tenang.
1.4 Gejala Gangguan Mental/ Kesehatan Rohani
Golongan yang kurang sehat mentalnya adalah orang yang merasa terganggu ketentraman hatinya. Adanya abnormalitas mental ini biasanya disebabkan karena ketidakmampuan individu dalam menghadapi kenyataan hidup, sehingga muncul konflik mental pada dirinya .
Gejala-gejala umum yang kurang sehat mentalnya, yakni dapat dilihat dalam beberapa segi, antara lain:
v    Perasaan
Orang yang kurang sehat mentalnya akan selalu merasa gelisah karena kurang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya.
v  Pikiran
Orang yang kurang sehat mentalnya akan mempengaruhi pikirannya, sehingga ia merasa kurang mampu melanjutkan sesutu yang telah direncanakan sebelumnya, seperti tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu pekerjan, pemalas, pelupa, apatis dan sebagainya.
v  Kelakuan
Pada umumnya orang yang kurang sehat mentalnya akan tampak pada kelakuan-kelakuannya yang tidak baik, seperti keras kepala, suka berdusta, mencuri, menyeleweng, menyiksa orang lain, dan segala yang bersifat negatif.

1.5  Upaya Menuju Kesehatan Rohani
Dari penjelasan tersebut di atas, maka dalam hal ini tentunya pembinaan yang dimaksud adalah pembinaan kepribadian secara keseluruhan. Pembinaan mental secara efektif dilakukan dengan memperhatikan faktor kejiwaan sasaran yang akan dibina. Pembinaan yang dilakukan meliputi pembinaan moral, pembentukan sikap dan mental yang pada umumnya dilakukan sejak anak masih kecil. Pembinaan mental merupakan salah satu cara untuk membentuk akhlak manusia agar memiliki pribadi yang bermoral, berbudi pekerti yang luhur dan bersusila, sehingga seseorang dapat terhindar dari sifat tercela sebagai langkah penanggulangan terhadap timbulnya kenakalan remaja.




Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menuju kesehatan rohani yaitu sebagai berikut:
1. Berolah raga. Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah dan mengobati depresi daripada obat-obatan.
2. Ekspresikan cinta. Memberi dan mendapatkan cinta kasih membuat hidup kita bahagia. Mencurahkan cinta kasih kepada keluarga, kerabat dan orang lain adalah kunci kebahagiaan rohani. Membantu orang lain membuat hidup kita lebih bermakna dan kehadiran kita diharapkan.
3. Kurangi Menonton Televisi, Film dan Video/Online Game. Menonton televisi, film atau bermain game berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kekerasan dalam tayangan berita, film laga, dan game dapat mengurangi keseimbangan emosional, membuat depresi dan mempengaruhi respon emosi kita. Setelah melihat begitu banyak kekerasan, kita bisa tidak lagi mengenalinya sebagai kekerasan. Kilasan iklan televisi juga dapat menyebabkan indera dan otak kita overload dan kelelahan.
Banyak film yang menghibur, tetapi ada juga yang membangkitkan emosi negatif bagi sebagian orang. Bagi orang yang sensitif atau pernah mengalami semacam trauma dalam hidupnya, mengurangi waktu dan intensitas menonton tayangan yang memicu emosinya akan membantu menjaga keseimbangan jiwa.
Fokuslah pada hal-hal positif. Cobalah membaca berita, daripada menonton berita televisi. Membaca lebih berpengaruh lembut pada pikiran dan kita bisa lebih selektif. Cobalah menghindari tayangan kekerasan atau sensasional, pilihlah hanya program-program televisi dan film yang positif.
4. Mengapresiasi dan membuat karya seni. Menikmati seni lukis, seni fotografi, seni musik, seni tari dan bentuk-bentuk kesenian lainnya bisa menjadi stabilisator mood alami dan bermanfaat menyegarkan pikiran. Menghasilkan karya seni yang dapat dinikmati orang juga membantu seseorang untuk membangun harga diri, sesuatu yang penting bagi kesehatan mentalnya.
Cobalah mendengarkan musik yang lembut. Banyak musik hingar bingar yang justru dapat mengakibatkan kelebihan beban mental. Banyak pula jenis musik yang dapat mendatangkan perasaan tertekan atau hampa. Musik yang lembut dan merdu dapat menyeimbangkan proses kimiawi di otak kita.
5. Beribadah. Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.
6. Rekreasi di luar rumah. Cobalah untuk menjauhi rutinitas dengan menghabiskan waktu di alam. “Terapi hijau” bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan kedamaian batin, dan menenangkan pikiran kita, menemukan pencerahan dan membebaskan dari pikiran negatif.
7. Hindari mengisolasi diri. Menjadi bagian dari komunitas yang saling memberikan dukungan dan bertemu secara teratur dapat sangat membantu kita melewati krisis dan tetap positif.
8. Menjaga keseimbangan diet makanan. Diet dapat memperburuk gejala berbagai penyakit termasuk autisme, skizofrenia, depresi, kecemasan dan serangan panik. Makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan mental yang baik adalah buah dan sayuran dan makanan yang mengandung asam lemak esensial, seperti ikan belida, tongkol, labu dan kacang-kacangan. Susu dan coklat juga dipercaya menimbulkan efek menenangkan pikiran.
9. Hindari pornografi. Rangsangan seksual pornografi dapat berkontribusi pada tumbuhnya kekosongan emosional yang dapat menyebabkan depresi, gangguan bipolar serta kesehatan mental lainnya. Hanya hubungan seksual dengan pasangan yang sah dan saling mengasihilah yang dapat mengisi kebutuhan fisik dan emosional kita.
10. Lakukan kegiatan yang membangun rasa percaya diri. Belajar memainkan alat musik seperti piano atau biola, menguasai keterampilan bela diri, mendapatkan hadiah lomba, dll sangat membantu  anak-anak membangun rasa percaya diri.
Bila Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental, penting sekali untuk selalu menjaga sikap positif dan tidak menyerah. Jangan mencaci-maki atau mengolok-olok yang membuatnya merasa rendah diri dan mengekalkan perasaan membenci diri sendiri. Hal ini juga berlaku bagi mereka dengan kecenderungan gangguan pola makan. Tunjukkan cinta dan pengertian kepada mereka.
11. Jaga pikiran selalu aktif dengan membaca. Membaca bisa menjadi kegiatan penguatan mental, terutama jika kita fokus pada bacaan yang positif. Berlangganan beberapa majalah atau membeli buku-buku biografi yang mendidik bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.
12. Jadilah pribadi yang lebih terorganisir. Hindari menunda-nunda pekerjaan, dan bersihkan dan tatalah harta benda Anda. Singkirkan kekacauan. Buang barang-barang yang tidak terpakai, selesaikan atau delegasikan pekerjaan yang menggantung, dan bila perlu, mintalah bantuan orang lain untuk menyelesaikan PR-PR Anda.
2.     Kesehatan Jasmani
2.1  Pengertian  Kesehatan Jasmani
Adapun pengertian kesehatan jasmani menurut beberapa ahli yaitu :
a)      Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9) mendefinisikan Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan mendadak. dengan kata lain Kesegaran jasmani dapat pula didefinisikan sebagai  kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar, dimana orang yang kesegaran jasmaninya kurang, tidak akan dapat melakukannya.
b)      Agus Mukhlolid, M.Pd (2004 : 3) menyatakan bahwa Kesegaran Jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktivitas, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan.  
c)      Sumosardjuno dan Giri Widjojo menyatakan kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa lelah berlebihan.
d)     Suratman (1975) kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang layak. 

Berdasarkan beberapa definisi di atas, kesehatan jasmani adalah keadaan yang bugar dari tubuh/ fisik kita yang memberikan kemampuan  untuk menjalani segala aktifitas sehari-hari, tanpa  rasa lelah yang berarti , sekalipun dalam kesibukan yang padat.

2.2  Ciri-ciri Jasmani Yang Sehat
Adapun cirri-ciri jasmani yang sehat yaitu sebagai berikut :
a)      Kondisi tubuh fit dan  segar
b)      Daya tahan tubuh baik/ bagus
c)      Tidak cepat lelah
d)     Berat badan dengan tinggi tubuh ideal
e)      Bulu/rambut dan kuku tumbuh dengan normal
f)       Fungsi organ tubuh bekerja dengan normal
g)      Produktifitas bekerja dengan normal
h)      Tidak ada gangguan/ penyakit dalam tubuh.
i)        Dapat menjalani aktifitas dengan baik dan normal

2.3  Faktor Penyebab Gangguang pada Kesehatan Jasmani
1.      Keadaan Cuaca yang Buruk
Cuaca yang buruk biasanya lebih cepat menyebarkan penyakit, terutama bagi mereka yang alergi.
2.      Sistem Imun yang Kurang Baik
Apabila system imun kurang bagus, maka virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsilah makanan  yang bergizi.
3.      Faktor Genetik
Orang yang memiliki penyakit bawaan sejak lahir/ dari gen orang tuanya, harus sedia payung sebelum hujan. Artinya, harus selalu menjaga pola hidup sehat, karena berpotensi mengalami penyakit yang sama.
4.      Pola Hidup yang Kurang Baik
Jika seseorang hannya mengkonsumsi junk food, makanan yang serba instan, serta tidak diimbangi dengan olahraga, hanya akan menimbun penyakit. Maka dari itu, ubahlah dengan pula hidup sehat.
5.      Penyakit yang Berkepanjangan
Penyakit yang berkepanjangan disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti suka menunda-nunda makan, sehingga orang tersebut menderita mag. Jika sudah begini, maka sakit tersebut akan terus berlanjut hingga ada yang sampai kronis.

2.4  Gangguan pada Kesehatan Jasmani
Gangguan pada jasmani kita ada banyak macamnya, berikut beberapa diantaranya yaitu:
a)      Obesitas
Obesitas disebabkan oleh penimbunan lemak yang berlebih, factor genetic dan tidak suka berolah raga. Jika sudah begini seseorang akan sulit bergerak, dan berpotensi besar menderita  struk dan sakit jantung.
b)      Anemia
Anemia merupakan penyakit kekurangan darah  karena factor genetic, terlalu banyak mengeluarkan darah  dan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Maka dari itu, dalam menu sehari-hari, imbangi dengan makana yang mengandung zat besi.
c)      Mag
Mag adalah penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan yang suka menunda makan/ makan tidak sesuai waktu/telat makan. Mungkin sebagian orang meremehkan penyakit ini. Namun, mag merupakan penyakit berkepanjangan yang akan kita bawa sepanjang umur. Maka dari itu, jika memiliki mag seseorang harus selalu sedia obat pereda mag, karena mag tidak bisa di hilangkan, tapi bisa dkurangi rasa sakitnya.
                  
2.5  Upaya Menuju Kesehatan Jasmani
Upaya menuju kesehatan jasmani sebenarnya  mudah, namun kita terkadang lupa/ kurang memperhatikannya. Berikut upaya menuju kesehatan jasmani:
  1. Aturlah pola makan Anda dengan baik. Artinya tidak sembarangan dan berlebihan dalam memakan. Hal ini saya namakan  self control.
  2. Olah ragalah dengan teratur. Artinya Olah raga sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, membakar lemak, serta meningkatkan metabolisme tubuh Anda.
  3. Jangan terlalu memikirkan masalah secara berlarut-larut. Tetapi selesaikanlah masalah secara perlahan sambil mengucap syukur atas apa yang Anda hadapi. Seperti ada pepatah mengatakan: “Hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Jadi, Bersukacitalah senantiasa dalam menjalani hidup.
  4. Makanlah makan-makanan yang bergizi. Sepertinya pola 4 sehat 5 sempurna perlu di tingkatkan lagi.
  5. Istirahatlah yang cukup. Istirahat berguna untuk merefleksikan pikiran Anda sejenak dari aktivitas kehidupan yang Anda lakukan.
  6. Berusahalah untuk menyediakan waktu refreshing untuk diri Anda sendiri bersama teman.
  7. Berusahalah untuk  berpikir positif terhadap sesuatu yang datang untuk menantang ego Anda.
  8. Jagalah kebersihan Anda. Karena ada pepatah  mengatakan: “Kebersihan adalah sebagian dari iman.”
  9. Berdoa. Doa untuk menjaga hubungan rohani Anda dengan Tuhan si pemberi kehidupan dan kesehatan.
  10. Minumlah air putih setiap hari dan minimal 8 gelas dalam sehari.
Demikian 10 tips gaya hidup sehat dari saya. Dan Selamat hidup sehat untuk Anda.
2.6  Menu Makanan Sehat
Makanan sehat adalah makanan yang memiliki keseimbangan gizi, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Berikut label beberapa bahan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna :
  • karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain
  • protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll
  • mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran
  • vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan
  • susu
Pedoman dasar berikut adalah apa yang Anda perlu ketahui untuk membangun menu makanan sehat setiap hari.
1)      Makan banyak makanan tinggi serat yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan  gandum. Ini adalah karbohidrat “baik”, bergizi, mengisi, dan relatif rendah kalori. Mereka harus menyediakan 20 sampai 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat, jadi ada efek kurang pada insulin dan gula darah, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya. Makanan tersebut juga menyediakan vitamin penting, mineral, dan fitokimia.
2)       Pastikan untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Makanlah lima atau lebih porsi sehari.
3)      Batasi konsumsi makanan manis, produk olahan gandum seperti roti putih, dan makanan ringan asin. Hanya satu harian 12-ons sekaleng soda (160 kalori) dapat menambahkan hingga 16 pounds selama setahun. Makanan manis Banyak juga tinggi lemak, jadi mereka kalori-padat.
4)      Kurangi lemak hewan. Ini kaya lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan lainnya. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu.
5)      Kurangi konsumsi lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur terhidrogenasi digunakan dalam makanan olahan yang paling di supermarket dan di banyak makanan cepat saji.
6)      Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh sehat. Pengganti zaitun atau minyak canola untuk margarin mentega.
7)       Jauhkan porsi banyak, terutama makanan berkalori tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir melayani ukuran telah bertambah banyak porsinya, terutama di restoran. Pilih starter bukan suatu hidangan utama, hidangan split dengan teman, dan tidak memesan apa saja yang berlebihan.
8)      Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.
9)       Makan berbagai makanan. Jangan mencoba untuk mengisi kebutuhan gizi anda dengan menu makanan yang sama pada setiap hari. Ada kemungkinan bahwa tidak semua nutrisi penting telah diidentifikasi, dan makan berbagai macam makanan membantu untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, paparan ini akan membatasi anda untuk setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam satu makanan tertentu.
10)  Mempertahankan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium Anda dari sumber-sumber rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak. Jika Anda tidak dapat mendapatkan jumlah yang optimal dari makanan, minum suplemen.
11)  Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral. Makanan juga menyediakan “sinergi” yang banyak nutrisi perlu efisien digunakan dalam tubuh.
12)  Menjaga berat badan yang diinginkan. Neraca energi (kalori) asupan dengan keluaran energi. olahraga dan aktivitas fisik lainnya sangat penting untuk melengkapi menu makanan sehat setiap hari yang Anda konsumsi.
3.     Hubungan Kesehatan Jasmani dan Rohani
 Orang seringkali mengabaikan kesehatan rohaninya, dan hanya memikirkan jasmaninya. Padahal sebenarnya, hubungan antara kesehatan jasmani dan rohani adalah saling terkait. Apabila salah satu mengalami masalah, maka akan mempengaruhi yang lainnya. Sebagai contoh, apabila rohani terlalu tertekan oleh berbagai masalah duniawi, maka seseorang akan stress. Jika sudah begini, maka gejala awal penyakitnya adalah pusing/ migraine, tubuh panas atau demam. Keadaan tersebut sudah menunjukkan bahwa, antara kesehatan jasmani dan rohani saling mempengaruhi.
Keadaan jasmani yang baik, tidak selalu dibarengi oleh rohani yang baik pula. Maka dari itu, seseorang yang raganya terlihat sehat, tidak selalu terlihat ceria/ tampak penat. Hal itu karena rohaninya masih tidak baik. Orang dikatakan hidup sehat dan sejahtera, apabila jasmani dan rohaninya dalam keadaan baik-baik saja. Berikut contohnya :
ü  Orang kaya yang selalu makan enak dan sehat memiliki jasmani yang sehat dan terawat, namun dari garis wajahnya dia tampak tidak ceria/ tidak fresh. Hal itu karena rohaninya masih ada masalah/ memiliki suatu beban dalam dirinya. Jadi, belum tentu orang kaya yang tinggal di rumah yang besar memiliki hidup yang selalu bahagia.
Berbeda halnya dengan
ü  Orang sederhana yang selalu bekerja keras demi kehidupannya, dengan makanan sederhana seperti ubi, jagung dll. Walaupun dengan makanan seperti itu, dia tetap sehat karena makanan tersebut tidak mengandung bahan pengawet/ kimia lainnya. Selain itu, garis wajahnya terlihat lebih  tenang dan ringan, daipada orang yang lebih mampu darinya.Hal itu karena antara jasmani dan rohaninya seimbang. Dimana, dia menjalani kehidupan dengan ikhlas, tanpa beban dan penuh syukur.
Berdasarkan contoh di atas, kita dapat memetik  pelajaran bahwa, dalam menjalani hidup, kita wajib berusaha, untuk jasmani kita dan diimbangi juga untuk rohani kita,  dengan tetap bersyukur atas anugrah yang diberikan Tuhan. Dengan begitu, maka kesehatan jasmani dan rohani dapat seimbang.

BAB III
PENUTUP
v Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan tersebut adalah kesehatan jasmani dan rohani saling terkait. Sekarang tergantung dari pribadi setiap individu. Apakah mereka hanya memikirkan jasmani saja, atau menyeimbangkan keduanya. Karena orang dikatakan sejahtera/ benar-benar sehat apabila kesehatan jasmani dan rohani dalam dirinya seimbang.

v Saran
Saran yang dapat disampaikan dari pembahasan tersebut adalah dalam menjalani hidup kita harus berusaha, bukan hanya untuk jasmani kita , tapi juga untuk kesehatan rohani. Kesehatan rohani dapat dicapai dengan selalu menjalani hidup dengan penuh usaha,  syukur dan ikhlas. Dengan begitu, mudah-mudahan kita bisa menjalani hidup dan segala cobaan dengan baik. Sehingga, kita bisa mencapai kebahagiaan baik jasmani maupun rohani.




DAFTAR PUSTAKA




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

45 komentar:

Unknown mengatakan...

isi blognya sangat bermanfaat sekali, saya yakin pasti sangat bermanfaat buat siapa saja yang sudah membacanya, terus lanjutkan
jangan lupa kunjungi blog saya juga ya... semoga kita dapat berbagi ilmu..
http://kejasroh.blogspot.com

rindu mengatakan...

AGEN BOLA
JUDI BOLA
BANDAR BOLA ONLINE
AGEN SBOBET
AGEN IBCBET
SABUNG AYAM
PREDIKSI PERTANDINGAN
LIVE SCORE

LIHAT INFO MENARIK LAINYA DISINI:
WWW.CINTABERITA.COM
WWW.UTAMAMOVIE.COM

rindu mengatakan...

bandar togel

bandar togel terbaik

bandar togel terpercaya

shio togel

agen togel hongkong

agen togel terpercaya


LIHAT INFO MENARIK LAINYA DISINI:
WWW.CINTABERITA.COM
WWW.UTAMAMOVIE.COM

rindu mengatakan...

bandar togel

bandar togel terbaik

bandar togel terpercaya

shio togel

agen togel hongkong

agen togel terpercaya


LIHAT INFO MENARIK LAINYA DISINI:
WWW.CINTABERITA.COM
WWW.UTAMAMOVIE.COM

rindu mengatakan...

JUDI ONLINE
JUDI BOLA
AGEN SBOBET
BERITA BOLA
AGEN IBCBET
HOT GIRL

rindu mengatakan...

BANDAR DOMINO99

AGEN BANDARQ

AGEN POKER

AGEN DOMINO

DOMINO99

DOMINO KIUKIU

rindu mengatakan...

agen togel terpercaya
agen togel resmi
agen togel terpercaya
bandar togel terpercaya

rindu mengatakan...

AGEN POKER

AGEN DOMINO99

DOMINO ONLINE

AGEN BANDARQ

SAKONG ONLINE

DOMINO99

POKER ONLINE



Baca isu yang lainnya yuk!


Berita Online Nasional
Nonton Film Online

rindu mengatakan...

bandar togel
agen togel
agen togel resmi
agen togel terpercaya
bandar togel terpercaya
togel online


Baca isu yang lainnya yuk!


Berita Online Nasional
Nonton Film Online

rindu mengatakan...



Togel Online Singapore
Togel Online Hongkong
Bandar Togel Singapore
Bandar Togel
Togel Online Terpercaya
Bandar Togel Online Terpercaya
Togel Online
Agen Togel Online Terpercaya
Agen Togel Online


Baca isu yang lainnya yuk!

Berita Online Nasional
Nonton Film Online

rindu mengatakan...



Togel Online Singapore
Togel Online Hongkong
Bandar Togel Singapore
Bandar Togel
Togel Online Terpercaya
Bandar Togel Online Terpercaya
Togel Online
Agen Togel Online Terpercaya
Agen Togel Online


Baca isu yang lainnya yuk!

Berita Online Nasional
Nonton Film Online

rindu mengatakan...



JUDI ONLINE
JUDI BOLA
AGEN SBOBET
BERITA BOLA
AGEN IBCBET
HOT GIRL

Baca isu yang lainnya yuk!


Berita Online Nasional
Nonton Film Online

rindu mengatakan...


Togel Online Singapore
Togel Online Hongkong
Bandar Togel Singapore
Bandar Togel
Togel Online Terpercaya
Bandar Togel Online Terpercaya
Togel Online
Agen Togel Online Terpercaya
Agen Togel Online


Baca isu yang lainnya yuk!

Berita Online Nasional
Nonton Film Online

rindu mengatakan...



Agen Judi Online Terpercaya
Bandar Bola Terpercaya
Agen Poker Terpercaya


Baca isu yang lainnya yuk!


Berita Online Nasional
Nonton Film Online

berita indonesia mengatakan...

Seorang seniman sekaligus penyair asal Lebanon ini dikenal dunia karena buah karyanya yang sangat bagus. Salah satu karya terbaiknya dituangkan dalam beberapa buka yang pernah diterbitkan dan di dalamnya ada kata kata bijak Kahlil Gibran yang sangat melegenda bandar togel. Dalam berbagai macam karya sastra baik itu syair, puisi, buku, maupun drama kedaluwarsa khasnya yang tidak bisa ditiru oleh penyair lainnya. Berbagai tema telah diangkat baik itu tentang cinta, persahabatan, alam, kejujuran, dan lainnya. Semua karyanya selalu apresiasi yang sangat baik oleh semua kalangan masyarakat bandar togel terbaik. Kumpulan Kata Bijak Kahlil Gibran saat ini memang sudah tenang di alam sana, namun semua karyanya tetap dikenang oelh dunia. Berikut kami sajikan beberapa kata bijak Kahlil Gibran yang sangat terkenal bandar togel terpercaya

AHHA POKER mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
WarungBola mengatakan...

Stop crying for him who has gone. His departure is a God-given opportunity for you to meet a better person than him. Smile!
JUDI BOLA
BANDAR BOLA ONLINE
AGEN SBOBET

AHHA POKER mengatakan...

Life always teaches us to always be thankful whatever the conditions are, because our job is to be someone who is successful, both mentally, mind, career, and treasure. Motivation is a precious diamond that can also be manifested in a word of wisdom because while life is at an unpleasant point, the beautiful 2017 wisdom is the solace of sadness as well as a whip for the spirit and rise again to achieve all the dreams


Togel Online Singapore
Togel Online Hongkong
Bandar Togel Singapore
Bandar Togel

dewa633. mengatakan...


Agen Judi Online Terpercaya
Agen Bola Terpercaya
Agen Poker Terpercaya

WarungBola mengatakan...


JUDI BOLA
BANDAR BOLA ONLINE
AGEN SBOBET
AGEN IBCBET
SABUNG AYAM

yakuza4d mengatakan...


AGEN POKER

AGEN DOMINO99

DOMINO ONLINE

AGEN BANDARQ

yakuza4d mengatakan...

"The establishment and solitude of the tranquility of life can stimulate our creative mind."


AGEN POKER

AGEN DOMINO99

DOMINO ONLINE

AGEN BANDARQ

633cash mengatakan...

One of the wise words of the President of the United States, John F. Kennedy; "Do not dare about what can give the country to us, but look for what we can give to the country." These pearl words can be practiced if we engage in an organization or company.



JUDI BOLA
AGEN SBOBET
BERITA BOLA
AGEN IBCBET
HOT GIRL

berita indonesia mengatakan...

saya sangat suka konten nya..terus berkarya dan jngn lupa mari berkunjung kembali..
bandar togel
bandar togel terbaik
Berita Online Nasional
Nonton Film Online

633cash mengatakan...

Nothing lasts, including the pain (in the heart) that you experience today AGEN IBCBET

dewa633. mengatakan...

Almost all the words of wisdom are based on human experience thousands of years ago and this is indeed true. Apart from experience, usually the word wise is also made by wise people so it can be accepted by the wider community.

dewa633. mengatakan...

Apart from experience, usually the word wise is also made by wise people so it can be accepted by the wider community Agen Judi Online Terpercaya

silviatan777 mengatakan...

Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

Menyaediakan 8 game dalam satu id
* POKER
* BANDAR Q
* BANDAR POKER
* DOMINO
* CAPSA SUSUN
* ADU Q
* BANDAR 66
* SAKONG

keunggulan bermain di PESONAQQ :

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* Bonus Referal 100% - 200%
* Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
*Livechat
* WA : +85511817618
* BBM : 7A996166

Fika lestari mengatakan...

The absence keyakinanlah that makes people afraid to face challenges; and I believe in myself
Agen Bola Resmi
Bandar bola
Agen Bola Terpercaya
Agen Bola Terbesar
Agen Bola online
Judi bola
Berita Bola
Agen Sbobet
Agen Ibcbet

Bayu Putra mengatakan...

We will not never know how big the love of our parents (against us), until we become parents
Togel Online Singapore
Togel Online Hongkong
Bandar Togel
Bandar Togel Online Terpercaya
Togel Online
Agen Togel Online Terpercaya

Fika lestari mengatakan...

You can never cross the ocean unless you have the courage to lose sight
Agen Bola Resmi
Bandar bola
Agen Bola Terpercaya
Agen Bola Terbesar
Agen Bola online
Judi bola
Berita Bola
Agen Sbobet
Agen Ibcbet

Fika lestari mengatakan...

The more we are grateful, the more hapiness we get
Agen Bola Resmi
Bandar bola
Agen Bola Terpercaya
Agen Bola Terbesar
Agen Bola online
Judi bola
Berita Bola
Agen Sbobet
Agen Ibcbet

BERITABARU mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fika lestari mengatakan...

When you lost your attitude, you will lost everything
Agen Bola Resmi
Bandar bola
Agen Bola Terpercaya
Agen Bola Terbesar
Agen Bola online
Judi bola
Berita Bola
Agen Sbobet
Agen Ibcbet

Bayu Putra mengatakan...

Each one prays to God according to his own light
Togel Online Singapore
Togel Online Hongkong
Bandar Togel
Bandar Togel Online Terpercaya
Togel Online
Agen Togel Online Terpercaya

Fika lestari mengatakan...

Do the best you can do, then God will do the best you can't do
Agen Bola Resmi
Bandar bola
Agen Bola Terpercaya
Agen Bola Terbesar
Agen Bola online
Judi bola
Berita Bola
Agen Sbobet
Agen Ibcbet

Facebooktoto mengatakan...

togel singapore

daftar togel online

buku mimpi

agen togel

bandar togel

agen togel terpercaya

agen togel singapore online terpercaya

Unknown mengatakan...

#Livedrawhongkong
#resulthongkong
#angkahongkong
#hongkongpools
#prediksihongkong
#syairhongkong
#khususlivedraw
#livehongkongpools

channel4d mengatakan...

bandar togel
bandar togel terbaik
bandar togel terpercaya
shio togel
agen togel
agen togel singapore
agen togel hongkong
agen togel terpercaya

Fika lestari mengatakan...

Your clothes should be tight enough to show you're a woman, but loose enough to show you're a lady
AGEN BOLA ONLINE
JUDI BOLA ONLINE
AGEN SBOBET IBCBET
AGEN SBOBET 25RB
PREDIKSI PERTANDINGAN

Fika lestari mengatakan...

People who managed to take advantage of the mistakes that he did
AGEN BOLA ONLINE
JUDI BOLA ONLINE
AGEN SBOBET IBCBET
AGEN SBOBET 25RB
PREDIKSI PERTANDINGAN

Fika lestari mengatakan...

Remember that when you forgive, you heal, and when you let go, you grow
AGEN BOLA ONLINE
JUDI BOLA ONLINE
AGEN SBOBET IBCBET
AGEN SBOBET 25RB
PREDIKSI PERTANDINGAN

BambuPoker mengatakan...

Artikel yang sangat bagus dan berbobot , saya menyukai sekali artikel yang anda punya.

Saya juga mempunyai beberapa artikel yang cukup bermanfaat dan memiliki wawasan yang sangat luas , klik link di bawah ini :

Daftar Poker Online
Poker Online Terpercaya
Situs Poker Online
Capsa Susun Online
Poker Uang Asli
poker tanpa deposit
Bambu Poker
BambuPoker
Daftar Bambupoker
Link Alternatif BambuPoker

Link alternatif lainnya silahkan klik disini :
Daftar Poker Online
Poker Online Terpercaya
Situs Poker Online
Capsa Susun Online
Poker Uang Asli
poker tanpa deposit
Bambu Poker
BambuPoker
Daftar Bambupoker
Link Alternatif BambuPoker

Terimakasih, Salam Bambupoker.

samsa mengatakan...

Informasi Lengkap Mengenai Ayam Aduan Spanyol

Khasiat Tanaman Lidah Buaya Untuk Ayam

Bambubet mengatakan...

Anda mempunyai artikel yang sangat bagus , dimana artikel yang anda tuliskan mengandung hal positiv yang sangat bagus di baca untuk Anak geneasi muda di indonesia , dimana dapat membangun mental mereka untuk lebih baik dan merubah Cara pola pikir mereka ke hal yang lebih baik maka dari itu membaca artikel ini sangat cocok untuk para generasi mudah yang di mana sebelumnya mental dan cara berpikir mereka sudah tidak benar di rusak oleh budaya yamg tidak benar sebelumnya.
saya juga mempunyai beberapa artikel yang bagus di bawah ini :

Situs Togel Online Terpercaya
Game Slot Online
Bocoran Togel Besok
Bandar Bola Terbaik
Situs Judi Online Terpercaya
Daftar LiveBall
Daftar Casino
Hadiah untuk Game Togel adalah :
4D x 3.000
3D x 400
2D x 70
Diskon untuk Game Togel adalah :
4D : 66%
3D : 59%
2D : 29%

Promo Bambubet :
~ Bonus Deposit Harian 5.000
~ Bonus New Member 20%
~ Bonus Refferal Up to 2%

Link Alternatif Bambubet
www.Bambubet.Net

Taruhan Bola
Situs Judi Online Terpercaya
Link Alternatif BambuBet
Agen Casino Online
Taruhan Bola Terpercaya
Daftar Casino
Taruhan Bola
Daftar LiveBall

Terimakasih , Salam Bambubet.

Posting Komentar